Bukan sekedar review gadget

Sabtu, 26 November 2016

Xiaomi YI 2 4K Review. Alternatif GoPro Hero 4 ?


Xiaomi YI 2 4K dibuat oleh YI Teknologi adalah action kamera  berukuran kecil dengan kemampuan merekam video resolusi hingga 4K, memiliki sensor 12 megapixel Sony, konektivitas WiFi dan Bluetooth serta adanya layar sentuh. Tidak banyak merek action cam cina yang cukup berani untuk menantang GoPro hero 4 dan Sony FDR-X1000V. Itu sebabnya YI 2 hadir sebagai penantang dan penyegar pasar.

Dengan harga saat ini $ 249,99 atau setara 3,5 juta rupiah. YI2 tentu bukanlah action kamera entry-level. Xiaomi sendiri menyatakan bahwa YI2 merupakan alternatif pilihan GoPro Hero 4 yang tentunya memiliki banyak kelebihan dengan harga hanya setengahnya.

YI2 ini dipersenjatai oleh prosesor A9SE75 Ambrella dan sensor gambar Sony IMX377CQT CMOS. Kapasitas baterai 1400 milliampere-hour (mAh), lensa wide angle 155 ° fix focus dengan  aperture 2,8. Selain itu YI2 memiliki layar sentuh 2.19 inci yang terbuat dari Corning Gorilla Glass.

Versi, model dan warna Yi 2 4K

Kamera YI2 hadir dalam tiga warna berbeda:
  • Night Black
  • Pearl White
  • Rose Gold
YI2 saat ini datang dengan warna yang lebih konvensional dan desain yang berbeda dari kebanyakan action cam. Beberapa dari Anda mungkin ingat bahwa YI model pertama atau YI1 tersedia dengan warna hijau-kuning yang dirasa cukup norak. 

Selain warna, ada juga model yang berbeda, dan ini adalah sesuatu  Anda harus memperhatikan. Ada dua versi dari kamera:
  • versi Cina (CN)
  • versi Internasional

PERBEDAAN ANTARA VERSI INTERNATIONAL & CHINESE  YI2 4K.

Apa perbedaan antara versi Cina dan International? Nah Perbedaan utama adalah dalam bahasa. Kalau Anda membeli versi CN atau cina, maka tidak ada pilihan untuk beralih ke bahasa lain dan  hanya akan ada bahasa Mandarin.

Selain itu, versi  CN hanya akan kompatibel dengan aplikasi Cina. Dan sialnya aplikasi ini antarmuka bahasa hanya ada bahasa Cina. Sedangkan versi internasional tersedia beberapa pilihan bahasa termasuk didalamnya ada bahasa Inggris.

Menurut pendapat saya, perbedaan yang paling penting adalah bahwa versi INT telah lulus berbagai tes seperti CE & FCC dan CRUUS. Sertifikat ini penting untuk suatu produk dipasarkan ke seluruh dunia.

Satu hal penting lainnya adalah bahwa jika Anda membeli versi CN dari YI2, Anda hanya mendapatkan dukungan update dari Cina dan tidak dari YI Teknologi Internasional.

Singkatnya, kecuali Anda tinggal di Cina atau mengetahui Mandarin, Anda harus membeli versi internasional. Untuk itu jelilah sebelum membeli, seperti halnya emak-emak wkwkwwk. Tipsnya yaitu beli dari seller terpercaya dan memiliki banyak feedback positif atau review dari pembeli lainnya.


UNBOXING

Oke langsung aja kita unbox isi dalam kotaknya. Oh ya YI2 hadir dengan beberapa pilihan bundle yaitu
  • hanya kamera (termasuk: kamera, baterai, kabel USB dan manual)
  • + Tongsis (Termasuk selfie stick, remote kontrol Bluetooth )
  • + Waterproof 
  • + tambahan 1.400 mAh baterai
tentuny tiap pilihan bundel akan berbeda pula harganya, semakin lengkap akan semakin mahal. Versi yang saya review merupakan bundel kamera saja, jadi dalam paket pembelian hanya terdapat 
  • kamera YI2
  • Baterai
  • kabel USB
  • buku panduan
Boxnya sendiri cukup sederhana tapi cukup untuk melindungi kamera selama pengiriman. Setelah kotak dibuka, anda akan melihat baterai yang dikemas secara terpisah bersama dengan kabel USB dan buku manual.

Berbeda dengan action kamera dari cina lainnya, Xiaomi ini terkesan pelit dan medit wkwkwk, dimana action cam lain di paket pembelian terdapat berbagai macam aksesoris dan mounting. Tentunya ini akan memudahkan konsumen yang tidak perlu beli-beli aksesoris lagi. Ya paling tidak sudah bonus waterproof case lah, masa udah mahal wp case beli terpisah.

Jadi bersiaplah anda untuk menghabiskan uang lebih untuk membeli peralatan opsional, terutama jika Anda membeli paket basic.


Desain dan Build Quality

Kamera Xiaomi YI 4K memiliki ukuran 65 x 42 x 30 mm dan berat termasuk baterai 96 gram (3,4 oz). Kamera ini sedikit lebih besar dan lebih berat dibandingkan dengan pendahulunya. 

Desainnya cukup menarik dan sederhana. Kamera hanya memiliki satu tombol, ya hanya 1 tombol yaitu tombol power pada bagian atas. Karena YI2 sudah mengadopsi layar yang bisa di sentuh/touchscreen. Jujur, kamera ini memiliki tampilan minimalis, modern, dan banyak sekali upgrade dibanding YI1

Sayangnya bodi kamera yang terlihat doff ini lapisan warna hitamnya mudah tergores, dan mudah kotor dibanding model sebelumnya yang lebih tahan gores.
Pada bagian depan kamera,  hanya memiliki indikator LED (indikator status perekaman / baterai) dan lensa wide-angle.155 °

Bagian atas kamera memiliki tombol power  (shutter / rec), speaker dan mikrofon omni-directional. Tambahan menarik lainya adalah terdapat indikator rekaman LED yang terletak di atas tombol power.'

Pada bagian samping YI2 ada lubang USB yang berfungsi untuk mencharge kamera atau menghubungkannya ke PC untuk mentransfer file. 

Terdapat layar sentuh berukuran 2,19 inch yang cukup lebar dan super jernih yang berfungsi untuk menampilkan hasil video/foto dan untuk mengoperasikan mode-mode yang ada di YI2. Layar memiliki resolusi 640 * 360  dengan sudut pandang 160 ° yang menurut produsen layar terbuat dari Gorilla Glass, yang tahan terhadap goresan.

Bagian bawah kamera terdapat slot baterai dan slot kartu memori. Kemudian terdapat pula soket tripod, yang merupakan tambahan yang bagus karena Anda dapat me-mount kamera langsung ke "sekrup 1/4 tanpa frame tambahan atau mounting.

Yang cukup mengejutkan adalah tidak ada output HDMI, yang berarti Anda tidak akan dapat pasang YI2 ke TV untuk melihat rekaman melalui HDMI.


Kualitas video

Salah satu faktor yang paling penting dari setiap action kamera yaitu kualitas video, salah satu keunggulan terkuat dari YI 2 Tidak hanya memungkinkan untuk merekam video dalam berbagai resolusi dan mode, juga mampu merekam video dengan resolusi yang benar-benar 4K 30 fps. Bukan seperti merk china kebanyakan yang mengaku 4K tapi bukan benar-benar 4K (double frame) atau resolusi 4K tapi fps yang rendah / dibawah 24 fps yang tentunya tak berguna.

Pada saat siang hari, kamera bekerja sangat baik. Kamera mampu menciptakan rekaman yang cukup alami.Tidak seperti pendahulunya yang memiliki beberapa masalah dengan pengaturan fokus, YI 2 memiliki fokus yang good baik untuk objek jarak dekat maupun jarak jauh.

Meskipun kebanyakan action cam tidak bekerja dengan baik dalam lingkungan cahaya rendah, saya cukup puas dengan hasil rekaman YI2  di malam hari. Hasilnya tidak spektakuler, tapi lumayan memuaskan dan cukup bagus untuk action cam yang utamanya dibuat untuk penggunaan siang hari di luar ruangan.

Dua fitur lain yang menurut saya keren dan tidak semuanya ada di action cam chinese lain yaitu fitur slow motion dan time-lapse out-of-the-box tanpa harus edit-edit di komputer terlebih dahulu.

Oh ya, kamera ini ternyata punya fitur elektronik stabilization lho, yaitu teknologi yang akan membuat video menjadi stabil walaupun perekaman goyang / shaky, tapi minusnya elektronik stabilization ini tidak mendukung diresolusi 4K, jadi jika Anda ingin rekaman yang stabil, harus merekam dalam 1080p. Minus lainnya, yaitu ketik opsi auto low light diaktifkan (ISO otomatis), hasil video pada malam hari mungkin terlihat sedikit kurang tajam. Jadi rekomendasi saya adalah untuk mencoba-coba k menyesuaikan pengaturan secara manual sesuai dengan lokasi kejadian. Namun hal ini memerlukan sedikit keahlian khusus.


Kualitas gambar

Meskipun kamera YI sebelumnya memiliki sensor 16 megapixel dan YI2 12mp, YI2 mampu menghasilkan foto-foto yang lebih baik dibanding YI1. Jujur, saya belum membandingkan secara langsung, tetapi YI2 memiliki warna yang lebih terlihat alami.

YI 2 memiliki sensor gambar Sony IMX377 dengan kombinasi lensa 7 layer glass. Kamera mampu menangkap foto-foto yang bagus bahkan ketika menghadap ke sinar matahari langsung sekalipun.

Karena meiliki lensa wide angle 155 derajat, sangat sempurna untuk narsis / selfie karena mampu menangkap gambar tidak hanya orang tetapi juga sebagian besar latar belakang adegan.

Kalau Anda seorang penggemar low light fotografi. YI3 Anda dapat melakukan percobaan dengan mengatur shutter speed yang lebih rendah, shutter speed rendah akan menyebabkan sensor kamera terbuka lebih lama sehingga lebih banyak cahaya masuk lalu dikumpulkan dan diarahkan ke sensor untuk menghasilkan gambar yang lebih baik pada cahaya rendah. Tapi perlu diingat, perlu menggunakan tripod atau harus stabil agar hasil foto tidak blur.


Kualitas Audio

Biasanya hal-hal yang perlu dipertimbangkan saat membeli action cam adalah: video, foto dan kualitas suara. Video dan foto benar-benar membuat saya merasa nyaman menggunakan YI 2, tapi ketika saya menguji kualitas suara dalam lingkungan yang berbeda, saya pikir ada banyak hal yang harus di perbaiki.

Pertama-tama, YI 2 memiliki kualitas suara yang layak dalam situasi normal. Misalnya saat mengambil percakapan dengan orang di depan kamera (untuk vlogging). Namun, ketika digunakan di acara musik dengan tingkat kekerasan yang tinggi, hape saya malah membuat rekaman audio yang jauh lebih baik dibandingkan dengan YI 2.

Salah satu kelemahan lain adalah YI 4k tidak mendukung penggunan mikrofon eksternal sehingga Anda tidak akan dapat merekam menggunakan mic pihak ketiga ke kamera langsung. Sayang sekali, padahal fitur ini banyak didambakan banyak orang terutama para motovlogging yang memerlukan mic tambahan untuk memperjelas percakapan dari dalam helm. Jadi tidak rekomended / tidak direkomendasikan untuk motovlog ya.


user interface dan navigasi

Oke mari kita lanjut ke bagian ini.  Saya telah menguji banyak action cam dan saya bisa katakan bahwa YI2 memiliki user interface yang palingn friendly untuk pengguna. antarmuka sangat mudah untuk dipahami. Ini semua berkat fitur layar sentuh dan tombol tunggal kamera yang memudahkan pengguna dibanding action cam konvensiolan yang harus memainkan tombol-tombol untuk mengatur settingan.


Cara menggunakan YI 2?

Untuk menghidupkan kamera, tahan tombol daya selama beberapa detik. YI 2 akan boot up dan cukup cepat (kurang-lebih 3 detik ). Jika Anda ingin merekam video (dengan asumsi Anda berada dalam mode video) klik tombol power yang sama sekali lagi.

Untuk mengubah mode (foto, video) geser dari kiri ke kanan pada layar.
Untuk kembali ke mode preview geser lagi dengan jari-jari Anda dari kanan ke kiri.
Lalu Geser ke atas untuk masuk ke mode pengaturan. Di sini Anda dapat memilih  sembilan mode yang berbeda.
Menggeser kebawah dan Anda akan melihat beberapa shortcut (WiFi, Bluetooth, Lock, Power off)
Untuk memutar rekaman Anda, klik ke ikon play di sisi kiri bawah layar.
Untuk mematikan kamera, tahan tombol daya selama 3 detik.

Itulah tadi dasar-dasar dalam menggunakan YI2, Cukup mudah bukan?


Mode

Kamera YI 2 memiliki sembilan mode yang berbeda. Tergantung mode yang ingin  Anda gunakan, akan ada pengaturan tambahan untuk setiap mode. Secara singkat saya akan paparkan apa-apa yang ada pada masing-masing mode.

Foto - Mengganti resolusi foto.
Video -memilih format, resolusi dan frame per detik (FPS).
Timer - Menangkap gambar dengan shutter otomatis dalam interval yang dipilih.
Burst - menangkap beberapa gambar dalam satu jepret.
time lapse- Membuat video time lapse tanpa editing pasca produksi
Slow Motion - Merekam video dalam gerakan lambat tanpa editing pasca produksi
foto time lapse - Membuat beberapa foto yang diambil dalam interval yang dipilih. Membutuhkan editing video pasca produksi.
Loop - yaitu fitur tumpang tindih file video dimana akan menghapus video yang sudah direkam kartu memori penuh secara berurutan.
Video + Foto - Saat merekam video kamera akan menangkap foto pada interval yang dipilih. Fitur ini juga dikenal sebagai foto dalam mode video.


Pengaturan

Berikut ini adalah inti dari semua pengaturan beserta  penjelasan singkat dari masing-masing.


Pengaturan video

Ketika dalam mode video, klik pada ikon roda gigi / alat untuk membuka pengaturan video.


RESOLUSI
Resolusi video menentukan berapa banyak piksel video. Misalnya 3840 x 2160 berarti bahwa akan ada 3840 piksel vertikal dan 2.160 horizontal. 

Berikut adalah daftar resolus pada YI2 :

4K (3840 x 2160) - 30, 25 fps
2.5k (2560x1920) - 30, 25 fps
1440p (1920 x 1440) - 60, 50, 30, 25 fps
1080p (1920 x 1080) - 120, 100, 60, 50, 30, 25 fps
960p (1280 x 960) - 120, 100, 60, 50 fps
720p (1280 x 720) - 240, 200 fps
480p (848 x 480) - 240, 200 fps

Seperti yang Anda lihat, selain resolusi, Anda dapat memilih FPS yang berbeda (frame per detik). Ingat ya tergantung pada standar video yang Anda pilih (PAL atau NTSC) akan menentukan FPS yang berbeda pula.

Misalnya jika Anda memilih PAL bawah Pengaturan> Video. Anda dapat merekam dalam 4k pada 25 FPS. Sedangkan jika Anda memilih NTSC Anda dapat merekam pada 30 FPS.


Filed OF VIEW (FOV)
FOV adalah pilihan yang memungkinkan Anda untuk mengurangi angle pengambilan gambar dari keadaan asli yatu 155 °. Mengurangi angle didapat dengan menggunakan software untuk memotong gambar. Gambar dengan angle sempit tidak akan terlihat tajam. mengurangi angle akan mengurangi efek distorsi fish eye pada wide angel yang pada sebagian orang tidak suka dengan foto melengkung. Namun pada beberapa orang wide angle ini yang dicari, selain dpat menangkap gambar yang lebih luas, hasil foto akan terlihat unik, karena melengkung. terdapat 3 pilihan angle yaitu
  • wide (lebar)
  • Medium
  • narrow (sempit)

METERING MODE
Mode ini membantu kamera Anda untuk mengukur eksposur dengan lebih tepat.


AUTO LOW LIGHT
ketika diaktifkan kamera akan menentukan secara otomatis  kecepatan shutter dan ISO.


WHITE BALANCE (WB)
Untuk mengubah gambar menjadi warm (hangat) atau cool (sejuk), pastikan untuk menyesuaikan white balance dengan benar. Jika Anda tidak yakin atau tidak mau repot set pada mode auto.


WARNA
Mirip dengan  GoPro, YI Teknologi menambahkan opsi yang memungkinkan pengguna untuk memilih setup warna Yang pertama, Yi Color, memberikan gambar yang kaya warna, dan flat akan memberikan warna yang kurang saturasinya. mode flat biasanya digunakan untuk mengedt pasca produksi.


ISO
ISO menentukan sensitivitas sensor terhadap cahaya. ISO tinggi harus digunakan dalam situasi cahaya rendah. ISO rendah harus digunakan bila ada cukup cahaya. Meningkatkan ISO dapat meningkatkan kualitas gambar dan video pada malam hari, tetapi juga dapat menyebabkan noise.


ELECTRONIC IMAGE STABILISASI (EIS)
YI 2 memiliki EIS. dimana fitur ini biasanya terdapat pada kamera DSLR dan kamera mirorles, fitur ini menggunakan semacam software yang akan melakukan stabilisasi pada video. 

Pengaturan gambar

Dalam beberapa paragraf berikutnya, saya akan memberikan Anda  gambaran singkat mengenai Pengaturan Gambar 


RESOLUSI
Anda harus menset resolusi gambar di resolusi native tertinggi yaitu 12 megapiksel untuk gambar tampak tajam. Jika Anda perlu untuk menghemat ruang pada kartu SD Anda, Anda dapat memilih resolusi gambar yang lebih rendah.

12MP (4000 x 3000)
8 MP (3840 x 2160)
7 MP (3008 x 2556)
5MO (2560 x 1920)

SHUTTER
kecepatan shutter mengontrol lamanya waktu shutter dibuka. Lebih banyak waktu sama dengan lebih banyak cahaya, yang berarti gambar akan lebih cerah. kecepatan shutter juga mengontrol blur dari foto. Jika Anda menggunakannya dengan benar dengan kombinasi ISO dan pilihan lain, Anda dapat membuat foto low light kreatif seperti foto trail atau long exposure.


Pengaturan Umum


ADJUST LENS DISTORTION
jika diaktifkan maka efek distorsi dari wide angle akan dihilangkan, namun ketajaman gambar akan berkurang. 


WIFI
Jika Anda ingin terhubung ke ponsel Anda melalui WiFi, Anda dapat mengubahnya di sini. Selain itu Anda dapat memilih frekuensi WiFi (2.4G atau 5G). Setup default adalah 5G, jadi jika perangkat Anda tidak dapat menemukan kamera, beralih ke 2.4G karena telepon Anda mungkin tidak mendukung 5G.

KARTU SD
Jika Anda ingin menghapus semua media dari kartu memori, Anda dapat memformat kartu memori disini. Memformat kartu terutama dianjurkan ketika Anda memasukkan kartu SD yang baru untuk pertama kalinya, atau ketika Anda meng-upgrade firmware.

BLUETOOTH PAIRING
YI 2 mendukung 4.0 Bluetooth dan Anda dapat menghubungkan kamera ke remote Bluetooth.

KECERAHAN
Kecerahan LCD layar sentuh dapat ditingkatkan atau dikurangi. kecerahan rendah dapat menghemat daya baterai. 

BEEPS
Mengubah volume bunyi "beeps" atau mematikannya jika Anda merasa kurang nyaman dengan fitur ini.

VIDEO MUTE
Untuk mematikan suara video.

LED'S
Jika Anda ingin menonaktifkan indikator rekaman LED, atau hanya menggunakan satu di atas, Anda dapat melakukannya dalam Setup> LED.

VIDEO STANDAR
mengubah mode PAL atau NTSC.

SCREEN AUTO LOCK
Untuk memastikan Anda tidak sengaja menekan apa-apa ketika kamera dihidupkan Anda dapat mengaktifkan kunci layar otomatis. Layar akan terkunci setelah beberapa saat tidak aktif dan Anda harus menggesek ke kanan untuk membuka kunci.

AUTO POWER OFF
Ini adalah pilihan yang saya sangat sarankan untuk Anda gunakan. Dengan memilih interval tertentu kamera akan mati secara otomatis kecuali Anda gunakan untuk merekam atau menggunakannya, fitur ini akan menghemat baterai. Anda dapat memilih dari 3, 5 atau 10 menit.

VIDEO ROTASI
action cam adalah perangkat kecil yang dapat dipasang ke hampir apa pun. Tapi bagaimana jika Anda ingin me-mount kamera terbalik? Rekaman output akan terbalik juga, kan? Well ya, YI2 memiliki. fitur rotasi video dimana model sebelumnya tidak memiliki fitur ini.

Yang mengejutkan saya adalah bahwa ada rotasi video secara auto. Ini adalah kemampuan luar biasa yang YI2 miliki. Ini akan otomatis mendeteksi apakah kamera terbalik atau tidak.

AV OUT
Bagi orang yang ingin menggunakan kamera Xiaomi YI2 4K pada drone (quad-helikopter), Anda akan senang YI2 memiliki pilihan AV Out.

DATE SET & TIME
Mengedit tanggal dan waktu.

INFO PERANGKAT
berisi informasi  tentang perangkat kamera Anda, misalnya versi, firmware saat ini, dll Sangat penting untuk memeriksa ini ketika Anda akan upgrade ke versi software yang lebih baru.

CAMERA RESET
Untuk mengembalikan semua pengaturan kembali ke keadaan pabrik.

App WiFi
YI 2 dapat dioperasikan dari jarak jauh dengan dua cara: melalui  remote kontrol Bluetooth atau aplikasi WiFi. YI 4K terdapat built-in WiFi yang memungkinkan kamera untuk terhubung ke smartphone Anda. tersedia aplikasi untuk Android dan iOS.

Unduh Android App
Unduh iOS App.

Sebelum menghubungkan ke aplikasi Anda harus mengaktifkan WiFi pada kamera. Jika dalam hal ini Anda memiliki kesulitan menghubungkan. Anda mungkin perlu memilih saluran WiFi berbeda di dalam General Settings> WiFi. Misalnya hape sobat tidak mendukung 5G, jadi  harus beralih ke saluran 2.4G untuk membuat wifi kamera terlihat di hape

Dengan Aplikasi ini, Anda dapat melihat pratinjau apa yang Anda rekam secara real-time pada telepon Anda, men-download rekaman  dan menyimpannya ke penyimpanan telepon dan mengubah pengaturan kamera.

Saya harus akui bahwa WiFi bekerja sangat baik dan tidak ada banyak latency antara kamera dan telepon. kecepatan downloadnya yaitu 30MB / s.


Kesimpulan

Kamera menciptakan video dan foto-foto yang tampak alami. Untuk harga ini mungkin action kamera terbaik untuk  Anda jika sobat ingin mencari kamera aksi mid-range dengan harga terjangkau dibanding Gopro.

Daya tahan baterai yang cukup baik, mudahnya navigasi YI 2 memudahkan penggunaan YI 2 berkat adanya layar sentuh dan menu yang dirancang dengan baik. Selain itu kamera ini memiliki dukungan komunitas yang besar, jadi jika Anda seorang penggemar script kustom dan modifikasi, Anda akan menyukai YI 2.

Audio cukup layak tetapi benar-benar buruk di lingkungan dengan suara cukup keras seperti festival musik. karena mikrofon yang terlalu sensitif. Selain itu, tidak ada dukungan mikrofon eksternal.

Satu hal lagi tidak ada output HDMI, jadi anda tidak akan bisa melihat pratinjau foto dan video langsung ke TV dari kamera.


pro:


  • Resolusi sudah 4K
  • Harga murah dan melebihi ekspektasi kualitasnya
  • navigasi pengguna yang simple
  • Layar sentuh
  • Daya tahan baterai awet
  • komunitas besar
  • bisa remote kontrol Bluetooth


Kontra:


  • perekaman audio terlalu berlebihan / sensitif 
  • Tidak ada output HDMI
  • Tidak mendukung mikrofon eksternal
  • Coating rentan terhadap goresan (terutama warna hitam)

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

HRtekno. Diberdayakan oleh Blogger.